Service AC Chiller Mesin Cuci Cikarang Cibitung

Selasa, 17 Februari 2015

Manfaat Service AC

Kadang muncul pertanyaan, mengapa harus di service AC ? orang awam mengenal service AC dengan kata cuci AC, dan memang yang dikerjakan cuma cuci AC, padahal service AC tidak hanya cuci AC saja, banyak hal yang dilakukan. Ok, tanpa banyak basa - basi kita bahas saja Manfaat Service AC, mulaii.

Apa aja sih pengertian service AC ?
secara pengertian service berarti memastikan, memeriksa, dan memperbaiki hal - hal yang mengganggu kinerja dari suatu alat agar bisa optimal kembali ketika dioperasikan yang dilakukan secara periodik. Nah begitu juga dengan AC, agar kembali optimal ketika dioperasikan perlu dilakukan service berkala.

Terus aplikasinya ke AC seperti apa ?
setelah beberapa bulan, biasanya 3 - 4 bulan dioperasikan, kinerja AC berkurang. mulai dari AC kurang dingin, bocor di drainase, berisik, berdebu, dll. Nah, kondisi tersebut pertanda AC anda sudah telaat di service.

Hal - hal apa saja yang dikerjakan saat service AC ?
- Test atau operasikan dulu AC , terus lihat dan dengarkan apa saja kelainan atau kondisi diluar standar normal operasional AC. Fokuskan ke hal - hal tersebut
- Cuci AC bagian indoor maupun outdoor, hati -hati jangan sampai air cuci AC kena bagian elektonik nya. resiko nya bila tidak hati -hati, bisa rusak
- Flushing drainase air pembuangan
- Kerjakan apa saja bagian yang tidak normal saat test operasional AC
- Kencangkan screw kabel serta elektrical nya
- Operasikan AC
- Cek tekanan freon di outdoor dengan gauge manifold
- Cek Ampere compressor
- ukur temperatur ruangan, terjadi penurunan temperatur tidak?
- Rapikan kembali. pastikan semua telah tertutup cover nya.

Manfaat nya apa saja ya service AC ?
1. Memperpanjang umur AC
AC anda tidak akan bekerja dengan sangat keras ketika AC anda telah di service, korelasi nya umur AC semakin lama.

2. Menghemat pengeluaran listrik.
setelah di AC di service, evaporator telah bersih dari kotoran, sehingga aliran udara yang melewati nya lebih bebas dan tidak nge block yang nantinya ruangan lebih cepat dingin, tentu saja semakin cepat ruangan dingin semakin cepat compressor berhenti bekerja. Compressor AC merupakan penyumpang terbesar pemakaian power listrik.

3. Terbebas dari sebagian debu, jamur, bakteri ataupun virus
AC anda akan terbebas dari debu, jamur, bakteri dan kotoran yang lengket dan bersarang di evaporator, dampaknya udara yang di rotari oleh indoor unit lebih bersih dan segar.

4. Mendeteksi kerusakan sedini mungkin
kita akan tahu apa aja part yang rusak setelah di service.